28 June 2002

episode #10148

becak, satu lagi perabotan lenong jakarta yang masih belum hilang juga. si aip terkaget kaget tadi malam saat belok masuk jalan waringin dari by pass. jalan yang biasanya lenggang sepi, malam itu ada barisan becaknya.

ngikk!... rem pun langsung diinjak...

"nggak apa apa kan, ip?" tanya gue ke si aip

"nggak.. cuma basi' aja... next time kalo mo belok sini mesti masukin faktor beca ngalingin jalan.. "



"gue inget, jaman dahulu yang namanya becak di jakarta itu ampun, ndi.. annoying.. ikut contribute ke macetnya jalanan" sambil si aip nginget-nginget masa lalu.. waktu masih kecil tinggal di kebon kacang..

kebayang waktu jaman liburan es-de dulu si aip suka naik becak dari kebon kacang ke pasar tanah abang menemani neneknya belanja.. good memories with becak..

but oops.. kebayang juga waktu si aip sama bokapnya naik beca di kebon kacang 29 dan whamm!!.. diseruduk mobil mercy sampai si becak nyaris terguling.. bad bad memory ya ip? :P

di masa orde baru, becak sudah termasuk public enemy, dan perjuangan menghapus becak yang dilakukan pemda jakarta bukannya gampang... gue inget lho ip waktu dulu baca di madjalah tempo, berapa casualties yang jatuh dari pihak abang becak, dan berapa polsus pemda yang mesti mati konyol selama pembersihan becak dari jakarta...

dan disaat gue pikir beca itu sudah indentik dengan rumpon laut, dan viola, sutiyoso di tahun 98 dengan alasan kemanusiaan memperbolehkan lagi becak beroperasi di jakarta.. dan yang menyedihkan, polsus pun kemudian ada lagi yang mati konyol saat operasi pembersihan becak..

halo bang sutiyoso, kalau anda tau keputusan anda untuk memperbolehkan becak beroperasi lagi akan menyebabkan aparat pemda killed in action lagi, would you have the same decision?

orba dan pemda dki saat orba mungkin sucks, represif, arogan, etc, tapi ada hal-hal yang baik bisa lahir, salah satunya adalah 'jakarta bebas becak'... ironisnya, pemda dki saat ini justru ruin that...

No comments: