26 June 2003

till the end of september '03, this page is on hiatus...

17 June 2003

select cityname from mastercity where countryid = 'id' and cityname like 'ci%'

cityname
---------------------
ciamis
cianjur
ciasem
ciawi
cibadak
cibalong
cibatu
cibinong
cibubur
cicalengka
cicurug
cikajang
cikalong kulon
cikalong wetan
cikande
cikembang
cikijing
cilacap
cililin
cilimus
cimahi
cimangkok
cipatat
ciranjang
cirebon
ciruas
cisarua
cisompet
ciwandan
ciwidey
(30 row(s) affected)


kesimpulan sementara:
1) semua kota dengan dua huruf depan 'ci', kecuali cilacap, ada di jawa barat+banten
2) menyebutkan satu persatu nama semua kota dengan dua huruf depan 'ci' di indonesia bisa bikin cape
3) there is never not enough time to do some useless things no matter how overworked or underworked someone is...

13 June 2003

udah lama nggak nonton film, dan sekalinya nonton adalah matrix reloaded di metropol... studio 6

the screen was small, the seat was ditto, the sound simply agonizing [i think the capacitor for the amplifier was faulty... the sound was like when you speak thru microphone to public speaker, and in the middle of your speech you unplug the amplifier power cable... wait half a minute, plug it in again.. wait 10 seconds, and unplug it again... do repeat that all the way until the end of the movie]... the sound was so agonizing, i cant believe bioskop itu termasuk jaringan 21...

all i can say about the experience is that it was indeed a happy ending movie... i'm happy when the movie finally ended.. sigh....

12 June 2003

yah ndi... baru sekian hari sedikit bebas dari kekangan si administraitor soal black list di proxy, ngaco lagi dia pagi ini.. akses gue diturunin dari admin lokal ke user lokal.. watta****!... dampaknya aplikasi homesite trial yang gue install jadi nggak jalan [unable to create registry keys], pda jadi gak bisa hotsync ke outlook [unable to load sync component], gak bisa akses drive c: [access denied], gak bisa install software trial lagi [not enough priviledge to perform this action].. shoo.. paranoid banget sih para domain admin ini? :(

in many ways, i've been in their position before, ip.. waktu dulu ngeassist setup windows nt 4.0 workstation sekian biji di pijlw, ngemanaje nat-router sama file server di iam, bikin network buat warnet... i can understand why they are doing it [i can even understand when sometimes they are overdoing it]

i know.. but what still bothers me is that they dont even inform me for doing that... moreover asking my opinion for that.... still, thank god mr. gates created runas.exe... if you catch my drift, ndi... ;)

hey... i know what you're thinking!.. so stop it you shameless ungratefull domain user!!!

*kla klik kla*... the sound of si aip clicking d keyboard overrided my voice...

11 June 2003

at first, there was void...

oops.. wrong one.. so here it goes...

pertama-tama, daftar aktivitas kerja karyawan di-entry menggunakan satu form hardcopy.. ditulis, kemudian diberikan kepada manager atawa supervisor.. diapprove oleh supervisor.. kemudian diberikan kepada personalia untuk dihitungkan jam lembur.. personalia kemudian membayarkan uang lembur bersamaan dengan pembayaran gaji bulan berikutnya...

setelah sekian tahun, kemudian ketemu cara kedua... daftar aktifitas kerja karyawan diketik di form ms-excel.. kemudian aplikasi excel menghitung secara otomatis berapa jam kerja lembur si karyawan... setelah selesai entry, form excel dicetak.. kemudian diberikan kepada manager untuk approval... dan untuk kemudian diberikan personalia untuk membayarkan uang lembur tersebut bersamaan dengan pembayaran gaji...

setelah sekian waktu, ditemukan cara ketiga... daftar aktivitas kerja karyawan diketikkan di form web based intranet, yang kemudian dihitung waktu lemburnya.. dan kemudian diapprove oleh manager... yang kemudian daftar jam lembur tersebut diberikan kepada system sap, yang sedianya akan menghitung uang lembur dan menginstruksikan bank transfer bersamaan dengan pembayaran gaji bulan depan.. bagi pekerja di luar kantor yang tidak terkoneksi ke intranet, aktifitas kerja diisikan masih di form excel, namun dikirimkan ke staff manager untuk diimport ke database.. agar bisa kemudian di-approve oleh manager... dan so-on untuk kemudian dibayarkan via bank transfer..

dan hari ini.. dibuat cara ke empat.... while everything is still the same dari sisi kegiatan dalam kantor, namun dari sisi pekerja luar kantor aktifitas kerja diisikan ke dalam satu form offline html, yang setelah selesai akan menuliskan file xml.. yang kemudian file ini dikirimkan via email untuk masuk ke database... setelah approval dari manager, uang lembur secara otomatis akan dibayarkan via bank transfer...

di satu sisi, kemajuan teknologi membawa efisiensi tinggi buat aktifitas kerja perusahaan... [kalau dihitung, staf personalia sudah ndak perlu lagi menghitung jam lembur untuk sekian ribu karyawan disini.. kemudian ndak perlu lagi mengurisi pembayaran gaji tetek bengek setiap akhir bulan...]

tapi disisi lain, sedih juga melihat kolega di personalia yang setelah sistem ini berjalan jadi ndak punya kerjaan.. dan pilihannya hanya satu, melamar ke department lain.. atau golden shakehand ..astalavista, beibih!...

mengimplementasikan sistem informasi di negara yang overloaded dengan pengangguran ini kok rasanya sedih ya?

buat pak uki.. maafkan saya ya pak kalo sampai bapak ndak bisa kerja disini lagi... bukan maksud saya pak.. sungguh.. *pasang muka melas*

10 June 2003

it is confirmed by d information security officer in here, bahua ternyata anomali bahuasanya saya bisa mengakses *.blogspot.com seminggu terakhir ini adalah dikarenakan filtering list buat ms-proxy disini sudah didrop dan digantikan menggunakan daftar situs terblok resmi yang dimaintain oleh cio singapur.... thank god!.. akhirnya gue bisa sedikit lebih bebas daripada power abuse sang system administraitor... lagian kenapa juga sih selama ini blogspot di blok?.. :) karena spotnya kah?.. g-spot gitu? >) xP .. di daftar filtering cio blogspot ternyata nggak masuk tuh... ditambahin sendiri kah oleh si sysadmin?

hmm.. are we tend to abuse every power we have?... atau apakah para sysadmin memang sedemikian, sehingga pasrah untuk menjalani tugas.. to extend and uphold the law... ada yang bilang security itu fungsinya to keep honest people honest, and to keep the paranoid people paranoid..... well maybe i cant say that i am all honest, but seing a sysadmin doing de job surely shows the paranoia...

craziest idea for today: ikatan cendikiawan patah hati ketemuan buat latihan bikin boys-band... .. sigh... wattaf---!..

08 June 2003

weekend diawali dengan ac mobil yang went kaput..

diakhiri dengan total jarak ditempuh: 603km..

my *ss is as sore as a taxi driver on extended overtime... shoo.. x(

sampe rumah semalem jam 12:30.. hit the deck jam 01:30..

and now i dont know whether i'm sober enough for working or not.. and still i come to work..

oo how i love mah boss... :P

04 June 2003

kapan satu website bisa disebut sebagai weblog?

detik.com blog bukan? personal web site blog kah?..

imho... dari katanya, weblog terdiri dari web dan log... so it must be web based atau web accessible, dan berupa log... sementara sifat dari web itu lebih gampang didefinisikan, sifat dari log sendiri itu gimana? tanpa riset kata ke m-w.com atawa lain lain, if i may jump to my own guess, log itu kudu machine/tools generated [typing a blog using an html editor, imho, is considered only as a personal web page] dan muncul berkala [its not a blog is it aint a log]...

dari sudut pandang lain, weblog itu bisa jadi perkembangan dari personal web pages.. jadi kalo dulu sifatnya hanya publishing by using html tools, sekarang dah publishing via blog tools [tools yang orientasinya ke entry berkala, berarsip dan kemudian searchable]... perkembangan berikutnya dari blog adalah adanya comment... kalo dulu di personal web page cuma ada gesbuk, sekarang dah pake chat-board, shout-box whatever.. yang imho, extend the page function from only a publishing upto become an interaction place...

menariknya, di ebusiness ada urutan fungsionalitas dari exploitasi benda ebusiness.. yaitu pitas: publishing, interaction, transaction, automation and lastly streamlining...

so.. page sekarang sudah pindah dari sekedar publishing ke interaction.. klop gak?

dan untuk bagian transaction, automation dan streamlining, saya ndak tau apakah itu relevan dengan blog.. mesti direnungkan lebih lanjut kayaknya...

anyway, there is a nice article regarding what makes a weblog a weblog.. its about style and features i think... it said that weblog must be personal.. surely that counts detik.com out from consideration as a weblog..

dari palminfocenter, ada satu lagi racun dah siap menggoda... bah!..

just visited baen.com, downloaded two free ebooks onto my pda, john dalmas' the lion of far side and keith laumer's oddisey.. hopefully these books can entertain me while i'll be waiting for my wife on her office at every 5pm..

baru aja exchanging email dengan arlan, tentang ide gimana kalo bikin satu film pendek aja, dengan tema star trek, bercerita soal apa yang terjadi setelah cochrane menjalani first contact.. berbahasa indonesia... ide bagus gak ya?

03 June 2003

sentul kode area telponnya masih 021, tapi kok ndak dicover telkomflexi ya?..

tanya-tanya ke telkom cibinong, konon akan masuk pada bulan agustus 2003...

semoga bener..