31 July 2002

meeting meeting mullu... gila gila gilaaa.. x(

balik ah... sudah terlalu malam buat terus kerja...

buruh sih buruh, tapi being workaholic itu sebenernya kutukan kan ndi...

yeah right... talk to yourself@1999 deh... hehehehe... jawab si andi sambil nyengir

29 July 2002

alamak pusingnya, ndi.. weekend sabtu minggu cuma bolak balik aja ke bengkel... dari ekspektasi bocornya oli cuma karena bocornya packing carter, ternyata merembet ke mesti ganti noken as dan satu benda lagi yang gue lupa namanya..

dua benda itu sebenernya baru diganti dua bulan lalu.. bersamaan dengan ganti o-ring dari delco.. tapi kayaknya montir di rawamangun itu nggak gape masangnya.. jadinya bocro lagi deh...

sesiangan sabtu aja sebetulnya dah beres urusan bocor itu.. tapi keterusan juga di minggunya buat ganti shock-breaker depan dan kedua 'atasnya'... thus ganti benda pemegang kemudi di daerah power-steering...

bengkel di cinere itu langganan bapaknya neng... dan selain memang kayaknya gape, bang cepi sang montir itu deket dengan keluarga mang isun, ipar dari ibu.. kenal deket atawa serasa deket begitu ternyata berpengaruh juga ke charge... total jendral kerja dua hari, bongkar setengah mesin, bongkar shock dan kemudi dua harian cuma kena 250rb.. weleh... hehe.. di rawamangun bongkar setengah mesin aja udah 175rb.... dan di santosa motor tebet ditawarin periksa mesin dan benerin bocor oli aja harga belum ditawarnya aja di 750rb... perbandingan harga bak langit dan bumi... preet.. :P

dan enaknya ngebengkel di cinere.. selama mobil dibongkar, nunggunya sambil nongkrong di kolam ikan.. mancing ikan bawal... hehe...

lo kayak bisa mancing aja, ip.. doyan ikan juga kagak kan?.. :P

...

dan nerusin ngomong soal pusing, kayaknya obat anti pusing itu adalah punya badan gede...

si imam.. temen si aip di kantor yang badannya kayak tekab, cerita soal malem-malem dia nongkrong sama temennya.. makan nasi goreng di depan lp salemba... lagi enak makan didatengin preman..

"bang... 'misi... gue baru keluar el-pe kemaren... masuk gara-gara ngebantai orang... keluar bokek... ade gocengan gak?.. ".. si preman ngomong dengan santainya...

si imam lagi makan eneg juga dengernya... sialan nih orang... gak tau orang lagi makan apah?... so si imam pun terus ngebales dengan lebih santai

"kemaren gue baru nangkep orang... ini gue juga lagi nunggu satu tangkepan lagi..."

si preman pun terus bengong... kemudian pusing... dan kemudian berlalu dengan pusingnya... :)

cerita lain di topik yang sama... dan masih si imam juga...

si imam nyetir mobil... di perempatan lampunya merah.. so si imam pun berhenti... dan..

bleduk!.. ada suara di kanan belakang mobil..

rupanya ada gerombol preman bodinye nyundul mobil si imam... si imam tau itu sengaja... so dia cuekin aja...

satu preman mendekati imam di sisi kemudi...

"hei.. temen saya kesenggol mobil kamu... kamu mesti tanggung jawab..."

si imam minta maaf.. "bilangin sama temen kamu... maaf aja.. salah dia sendiri"

sesaat si temen itu balik ke gerombolannya... terus balik lagi ke sisi kemudi si imam..

"nggak bisa... kamu mesti bantu obati..."

si imam terus melihat ke si temen di luar pintu itu, dan bilang dengan gaya cool dan perkasanya... "saya tembak kamu!"

si temen itu pun langsung ngacir dan pusing... x)

kesimpulan : obat anti pusing itu adalah punya bodi sterk..

26 July 2002

dari blog erly, dapet link ke blog enda... dari blog enda, dapet link ke blognya eric raymond...

eric raymond is the one who kick the ass of linux, the one who establish fsf, who code emac, fetchmail.. etc etc... the closest thing to a living god, mungkin...


dan kemudian senang membaca satu sudut pandang lain mengenai amerika post 9/11.. berseri pula.. 5 essay.. so i decided to post his first essay to milis muslim binus... and *wuzz*.. i did..

tapi setelah membaca essay kedua, ketiga.. dan akhirnya ke essay terakhirnya, i regret my post.. i cancel the decision... cos after i read them all, i know his postings are just not worth it.. nggak mutu

and to tell the truth, setelah membaca postingan esr tersebut, my point of view toward him has changed.. i know i'll never look up to him as 'high' as i used to.. i know the man is a genius in coding and hacking, and it is his choice to be narrow minded onto something else.. well, what do you expect, man?.. its life...

i wish to use the word moron instead of narrow minded, but heck.. i dont want to swear for him.. i know he's not worth it...

25 July 2002

jadi juga ke atrium senen buat beli some stuff buat si kambing.. setelah dua hari batal karena nggak bisa book layanan antar jemput dandy dan kijangnya..

on da way, dandy dengan pe-de ngeload some manhattan club cassette onto his audio system.. and bang!... holy crocodile, kebayang nggak sih berada di mobil kijang dengan kaca bening di tengah hari bolong sepanjang dewi sartika cengar cengir ngedengerin musik techno nggak jelas... shoe... nyesel juga nggak bawa nomad diisiin mp3 chicane atawa dj-tiesto.. kalo tadi bawa, at least cengar cengir ini bisa ilang dari muka..

beli filter oli.. pembersih karburator... lem untuk packing carter..
hmm... satu galon prima-xp cuma 57rb?.. bikin stok oli gak ya? bongkar packing carter pasti ngebuang sebagian oli yang ada...

bikin stok gak ya?...

23 July 2002

and i'd give up forever to touch you
'cause i know that you feel me somehow
you're the closest to heaven that i'll ever be
and i don't want to go home right now
and all i can taste is this moment
and all i can breathe is your life
'cause sooner or later it's over
i just don't want to miss you tonight
                      (goo goo dolls - iris)


ost dari 'city of angel'... salah satu personal fav film so far...

guess apa lagi salah satu isi itu personal fav film folder, ndi?...

*hik hik*.. 'sleepless in seattle'.. hehehehehhe... kayaknya niat gue jadi preman nggak bakal pernah kesampean nih.. selama film itu masih masuk kategori itu... x)

ngomong soal sleepless, gimana ya rasanya jadi homeless, even for a week.. bacaan bagus... didapat dari firda/blog-wannabe...

22 July 2002

from eric raymond's jargon dictionary....

brain fart n.

the actual result of a braino (as in 'typo'), as opposed to the mental glitch that is the braino itself. e.g., typing 'dir' on a unix box after a session with dos.

yeah right... :)

untungnya di linux dah bisa typing 'dir' dan tetep keluar isi dari directorynya.. brain fart yang terasa gotchanya kalo terbalik... yaitu typing 'ls' di command prompt.. bad command or file name pun keluar tanpa ampun...
from: audi s.p.
sent: monday, july 22, 2002 10:16 am
to: arief w. nugraha; arlandi landjono; fajar
subject: re: 2nd reality demo

shit man!!! what a treasure!!! i'm downloading ...

--- "arief w. nugraha" wrote:
> http://www.mpoli.fi/files/demos/fc/
> download-in dunk... ftp disini diblok nih...
> (kangen juga mo liat demonya x)


what's da fuzz, ip? i dont get it... treasure? kok bisa sampe seheboh itu si odx?

itu 2nd-reality, ndi... dont you remember?!.. back on 1993-1994...

prosesor pc state-of-d-art saat itu intel dx2/66mhz, kombinasi software paling umum : dos 6.22 + windows 3.11 + msoffice 4.3.. di office belum ada benda yang namanya outlook, dan akses internet masih cuma milik ipteknet (64kbps dibagi bppt dan sekian departemen pemerintah)... plus beberapa mnc yang berani pasang sprint... sound card de facto : sound blaster.. ram paling tob : 8mb (4mb masih bisa dengan happy running semua benda.. kecuali corel draw.. benda ini memang bjg from the beginning :) ..


good old times... tahun-tahun pertama kuliah, waktu-waktu excited, rela ngoprek.... dan benda paling sering dioprek adalah turbo pascal 5.5.. ngetrace assmbly code 8086 dan 80286... bikin function unit/library.. (hehe... d damn thing is now freely available to download in borland.com.. as a historical relic..)


(* MIDI.PAS - Library untuk memainkan file MIDI
Kebutuhan : 1. Turbo Pascal
2. SoundBlaster Card & COMPATIBLES
3. File driver : CTMIDI.DRV
didapat dari paket SoundBlaster
4. File data midi : *.MID
zeroBIT:L'mirage *)

unit midi;

interface

procedure done_midi;
procedure run_midi(st : string);
procedure off_midi;
function end_midi : boolean;

implementation

uses dos, crt, ckey;

var midiproc : procedure;

function InitDrv : word; assembler;
asm
mov bx, 3
call midiproc
end;

function TerminateDrv : word; assembler;
asm
mov bx, 4
call midiproc
end;

function ResetDrv : word; assembler;
asm
mov bx, 5
call midiproc
end;

function GetDrvVer : word; assembler;
asm
mov bx, 0
call midiproc
end;

function GetMidiEnvSet(s : string) : word; assembler;
asm
mov bx, 1
mov dx, ds
mov ax, word ptr s
call midiproc
end;

function GetBlasterEnvSet(s : string) : word; assembler;
asm
mov bx, 2
mov dx, ds
mov ax, word ptr s
call midiproc
end;

function PrepareMidiStart(s, o : word) : word; assembler;
asm
mov bx, 8
mov dx, s
mov ax, o
call midiproc
end;

function PlayMidi : word; assembler;
asm
mov bx, 9
call midiproc
end;

function StopMidi : word; assembler;
asm
mov bx, 10
call midiproc
end;

function PauseMidi : word; assembler;
asm
mov bx, 11
call midiproc
end;

function ResumeMidi : word; assembler;
asm
mov bx, 12
call midiproc
end;

function SetOutputStatus(p : pointer) : word; assembler;
asm
mov bx, 7
mov dx, ds
mov ax, word ptr p
call midiproc
end;

function InitMidi(pdrv : pointer; var b,m : string) : word;
begin
@MidiProc := pdrv;
GetMidiEnvSet(m);
GetBlasterEnvSet(b);
InitMidi := InitDrv;
end;

function AsciiZ(st : string) : pointer;
begin
st[length(st)+1] := #0;
AsciiZ := ptr(seg(st),ofs(st)+1);
end;

function Tanya(Pertanyaan : string) : string;
var Jawaban : string;
begin
write(Pertanyaan); readln(Jawaban);
Tanya := Jawaban;
end;

var uf : longint;

function BacaFile(NamaFile : string) : pointer;
const BuffBaca = 2048;
var f : file; Awal, pBacaFile : pointer;
UkuranFile, YgTerbaca: word;
begin
BacaFile := NIL;
{$I-}
assign(f,NamaFile);
reset(f,1);
if ioResult <> 0 then exit;

UkuranFile := FileSize(F)+15;
uf := UkuranFile;
GetMem(pBacaFile,BuffBaca);
If Ofs(pBacaFile^) <> 0 then
pBacaFile := Ptr(Seg(pBacaFile^)+1,0);

Awal := pBacaFile;
while not eof(f) do begin
blockread(f,pBacaFile^,BuffBaca,YgTerbaca);
if (YgTerbaca = BuffBaca) and (not eof(f)) then
Begin
inc(word(pBacafile),YgTerbaca);
GetMem(pBacaFile,BuffBaca);
end;
end;
close(f);
if ioResult <> 0 then begin
freemem(pBacaFile,
((UkuranFile DIV BuffBaca)+1)*BuffBaca);
BacaFile := NIL;
exit;
end;
BacaFile := Awal;
{$I+}
end;

const
Selesai : boolean = false;
Berhenti : boolean = false;
var
Tanda,
pMidiFile, pMidiDriver : pointer;
sMidiFile, sMidiDriver,
MidiEnv, BlasterEnv : string;
MidiStatus : word;
Ch : char;

procedure run_midi(st : string);
begin
MidiStatus := 0;
sMidiFile := st;
If sMidiFile[length(sMidiFile)-3] <> '.' then
sMidiFile := sMidiFile + '.MID';

pMidiFile := BacaFile(sMidiFile);
if pMidiFile <> NIL then begin
PrepareMidiStart(seg(pMidiFile^),ofs(pMidiFile^));
SetOutputStatus(@MidiStatus);
PlayMidi;
end;
end;

function end_midi : boolean;
begin
end_midi := MidiStatus = 0;
end;

procedure done_midi;
begin
terminatedrv;
end;

procedure off_midi;
begin
stopmidi;
if pmidiFile <> NIL then Release(pMidifile);
end;

begin

pMidiFile := NIL;

If (GetEnv('MIDI') <> '') then
MidiEnv := GetEnv('MIDI')
else
MidiEnv := 'SYNTH:1 MAP:G';

If (GetEnv('BLASTER') <> '') then
BlasterEnv := GetEnv('BLASTER')
else
BlasterEnv := 'A220 I5 D1 H5 M220 P330';

if (GetEnv('SOUND') <> '') then
sMidiDriver := GetEnv('SOUND') + '\DRV\'
else
sMidiDriver := Tanya('Letak File Driver Midi : ');
if sMidiDriver[length(sMidiDriver)] <> '\' then
sMidiDriver := sMidiDriver + '\';
sMidiDriver := sMidiDriver + 'CTMIDI.DRV';

pMidiDriver := BacaFile(sMidiDriver);
if pMidiDriver = NIL then
begin
writeln('sHIt! Where''s the driver ? ***Stupid Bus!!');
halt;
end
else
if InitMidi(pMidiDriver,BlasterEnv,MidiEnv) <> 0 then halt;
end.


karena waktu itu nggak ada internet, nggak ada information on your fingertips, function library jadi sacred... well kept secrets... waktu itu, a programmer is his library... a programmer is what he can do... at least faham ini valid buat anak-anak teras em-te binus.. source code is a well kept ammo..

sedemikian well kept sampe odx menyesal nggak ngebagi-bagi source code anti virus partisinya (one hell of a code back then, since it was theoritically able to recover any partition-virus attack on harddisks.. and some practices support that assumption)... menyesal waktu unfort da source code was gone bersamaan dengan crashnya hdd si odx.. 470 megabytes kalo gak salah waktu itu ukurannya..

in case you read this post, dek. semoga kesel lo dah bisa ilang.. its been 8 years, dude.. get over it!.. xP


2nd-reality waktu itu jadi satu benda baru yang merepresentasikan advancednya library satu programmer, kalo dia mau... it was unthinkable gimana caranya 486 dx2/66 dengan 4mb, plus soundblaster (standard, man... nggak ada embel-embel live, live gold, pci, etc... it was still using good ol' architecture of pc... isa bus).. unthinkable gimana benda 66mhz itu bisa dibuat rendering transparent polygon di dalam polygon lain, bounching di satu 'lantai virtual'... dengan resolusi vga 256... dengan background musik techno 16 track.. on top of a single task operating system... dos!... damn... thinking of it i cant help to assume that 2nd-reality thing must have had beautifull line codes... equilibrium antara kompleksitas vector programming dengan kecepatan proses kode assembly... no place for over-bloated codes seperti yang terjadi sekarang (req: pentium 2, 128mb ram, 1gb hdd space for running microsoft xp.. only... blah.. ding dong! :)

benda 2nd-reality ini juga yang paling bikin ruangan sunyi saat didemokan di kelas grafik.. one hell of an apps...

http://www.df.lth.se/~el_vez/media/2ndreal1.zip
http://www.df.lth.se/~el_vez/media/2ndreal2.zip

dan sekarang, benda ini dah didownload... siap diliat.. dan shoe.. hehehe... it doesnt run on top of windows....

when i tried to load it using virtual pc running dos 6.22.. still no luck...

so i format a disk using dos 6.22, put d himem.sys to make sure there is enough ems... and when i boot using that disk, i found out that i cant load the damn thing.. cos the apps is on the harddisk, and dos 6.22 has no way to access it... since 6.22 doesnt recognize the hdd.. its on vfat32...

what should i do then?.. format an hdd using 6.22 fat16?... no way!....

arghhh.. i know.. i should've boot up using 6.22 and load ramdrive.sys to create a virtual disk... 5mb should be enough...these capabilities are already on 6.22... copy 2nd-real to that virtual disk, lock and load...

sheeesh... susah banget sih buat loading program yang umurnya dah 9 taun?... :)

i guess this thing is still one hell of an apps...

10 July 2002

jakarta mendung lagi...

seandainya ini hari sabtu, bahagianya bisa 2x lipet kali ya, ndi? :)

03 July 2002

cinta lebih kuat dari kematian
dan kematian lebih kuat dari kehidupan
betapa menyedihkan
jika manusia saling bermusuhan
          (kahlil gibran)

life is.. the ability to see whats beautifull..
life is.. to feel love, compassion.. to be able to make the world a better place, even just a bit..
          (and i really dunno who said this)

01 July 2002

episode #10152

wah.. dari dulu bapak yang satu ini memang inspiratif selalu... salute...

satu lagi contoh tipikal teman virtual...

virtual karena walau sudah saling sapa lewat belajar-modem-network sejak 1995, namun ketemu muka pun belum pernah... dan hasil komporisasi album watermark enya di tahun itu kayaknya berdampak positif sampai sekarang... di weblognya ada lirik lagu enya terbaru :)

teman?.. mungkin ya mungkin tidak, mungkin masih masuk definisi itu, atau mungkin sudah tidak lagi... yang pasti weblognya adalah salah satu tempat yang pasti saya kunjungi dari waktu ke waktu...

cuaca masih cerah karena sisa mendung usai hujan, dan hitungan masih 92% di download window netscape.. semoga worth the download benda 32mb ini...